BIMBEL SOSHUM 3.1

Bimbel Soshum UI

Bocoran Soal US SMA Pasar Output

Bocoran Soal US SMA Pasar Output

 

Bocoran Soal US SMA Pasar Output. WA : 083825104592. Soal US/USP SMA untuk Ekonomi terdiri dari materi kelas X, kelas XI, dan kelas XII. Materi tentang Pasar Output adalah yang pernah keluar. Soal US SMA untuk Ekonomi berupa pilihan ganda, isian, dan uraian atau essay. Umumnya yang keluar 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian.Berikut sebagian soal, jawaban, dan pembahasannya. Jika ingin Soal US materi lainnya yang lebih lengkap kunjungi www.bimbelsoshumui.com. Daftar dan ajukan request pembahasan soal atau video tutorial. Kamu juga dapat request Soal US, jawaban, dan pembahasan pelajaran lainnya seperti bahasa inggris, dll. ( Baca juga : Bimbel Online dan Privat Berkualitas )

Bocoran Soal US SMA, Pasar Output

Model Soal US

Berikut adalah pernyataan tentang karakteristik pasar :

  1. Pada pasar persaingan sempurna, harga ditentukan oleh tarik-menarik kekuatan penawaran dan permintaan secara keseluruhan.
  2. Dalam pasar monopoli, yang menentukan harga yaitu satu penjual
  3. Bila kita membutuhkan tas maka tersedia puluhan bahkan ratusan perusahaan yang membuatnya. Banyak bentuk, ukuran, warna, merek, cara pembayaran (kontan atau kredit), seperti Bracini dan Sophie Martin, yang dapat dipilih konsumen. Pasar seperti ini dinamakan pasar persaingan monopolistik
  4. Pada pasar oligopoli mudah untuk memasuki pasar
  5. Pada pasar duopoli terdapat dua pembeli.

Dari pernyataan di atas, karakteristik pasar output yang benar adalah :

  1. 1, 2, 3
  2. 1, 3, 4
  3. 2, 3, 4
  4. 2, 4, 5
  5. 3, 4, 5

Jawaban : A

 

Soal Asli US

Berikut ini ciri-ciri pasar output :

  • Barang yang diperdagangkan bersifat homogen
  • Dalam pasar tersebut hanya terdapat beberapa penjual saja
  • Jumlah pembeli dan penjual sama-sama banyak
  • Pembeli mengetahui keadaan pasar
  • Barang yang diperdagangkan bersifat heterogen
  • Penjual sulit memasuki pasar.

Ciri di atas yang merupakan ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna adalah….

  1. (1), (2), dan (3)
  2. (2), (4), dan (5)
  3. (2), (5), dan (6)
  4. (3), (5), dan (6)
  5. (4), (5), dan (6)

Jawaban : C

 

Pembahasan Bocoran Soal US SMA Pasar Output

Struktur Pasar :

Pasar Input

Pasar yang memperjualbelikan faktor-faktor produksi seperti tanah, tenaga kerja, modal, dll. Contoh pasar komoditas, pasar tenaga kerja, pasar uang, pasar modal, dll.

Pasar Output

Pasar yang memperjualbelikan barang hasil produksi atau jasa, terbagi menjadi dua bentuk yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.

A. Pasar Persaingan Sempurna

Dalam pasar persaingan sempurna terdapat banyak penjual dan pembeli dan produk yang dijual homogen. Tidak ada satupun penjual yang dapat mempengaruhi harga pasar sehingga penjual harus menerima harga pasar yang berlaku atau disebut price taker. Harga ditentukan oleh mekanisme pasar atau keseimbangan pasar. Masuk dan keluar pasar relatif mudah. Contoh : Pasar untuk produk-produk pertanian. Petani menghasilkan tanaman yang identik atau homogeny seperti gandum atau jagung dan menjualnya kepada pembeli yang bersedia membayar harga pasar yang berlaku. Banyaknya jumlah petani dan pembeli memastikan tidak ada individu yang dapat mempengaruhi harga pasar.

 

B. Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Dalam pasar persaingan tidak sempurna terdapat satu atau beberapa penjual dan produk yang dijual terdiferensiasi. Penjual dapat mempengaruhi harga pasar atau disebut price maker. Selain itu terdapat hambatan masuk ke pasar.

 

Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari :

Pasar Monopoli

Berbeda dengan pasar persaingan sempurna, pada pasar monopoli terdapat satu penjual yang mendominasi seluruh pasar. Perusahaan monopoli memiliki kendali yang signifikan atas harga dan pasokan barang atau jasa. Hambatan masuk seperti paten atau peraturan pemerintah membatasi masuknya pesaing masuk ke pasar. Contoh : PLN dalam hal pasokan listrik dan Pertamina dalam hal eksplorasi minyak bumi.

Pasar Persaingan Monopolistik

Persaingan monopolistik merupakan pasar di mana penjual bersaing satu sama lain, menawarkan produk atau jasa yang terdiferensiasi dalam hal merek, kualitas, dll. Penjual dapat menetapkan harga tetapi sifatnya terbatas. Jika penjual menetapkan harga terlalu tinggi maka konsumen dapat beralih ke pesaing. Hal ini karena ada pesaing lain yang juga memproduksi produk tersebut dengan merek dan kualitas yang berbeda. Ciri khas lainnya adalah perusahaan atau penjual banyak menggunakan iklan dan strategi pemasaran lainnya untuk memperkenalkan merek dan membedakan produknya dengan produk pesaing. Kebanyakan yang tergolong dalam pasar ini adalah perusahaan atau penjual yang memproduksi atau menjual barang-barang consumer goods. Contoh : Perusahaan sabun mandi, perusahaan air mineral dalam kemasan, dll.

Pasar Oligopoli

Dalam pasar oligopoli hanya terdapat beberapa perusahaan sekitar 2-10 perusahaan. Jika terdiri dari 2 perusahaan biasanya disebut pasar duopoli. Perusahaan-perusahaan yang ada dalam pasar ini adalah perusahaan-perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan ini dapat menetapkan harga dan mempengaruhi harga pasar. Pesaing yang ingin memasuki pasar ini menghadapi hambatan yang cukup besar misalnya membutuhkan modal besar, teknologi yang tinggi, regulasi yang ketat, dll. Contoh : Perusahaan semen, baja, penerbangan, dll. Bocoran Soal US SMA Pasar Output

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top